Kamis, 26 Desember 2019

CPU (Central Prosessing Unit)


Setiap perangkat laptop atau komputer pasti terdiri dari 2 komponen yaitu software dan hardware. Keduanya sama-sama penting dan saling mendukung satu sama lain agar ia dapat bekerja dengan maksimal. Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu perangkat keras yang bisa dibilang sangat penting, yaitu CPU. Tentu kalian sudah tidak asing dong dengan hardware yang satu ini. Kebanyakan pasti sudah mengenal benda ini dari luar, namun apa kalian tahu pengertian serta fungsi dari CPU?

Pengertian CPU
Pengertian CPU atau Central Prosessing Unit adalah salah satu hardware PC untuk menerima dan kemudian memproses perintah yang dimasukkan oleh pengguna. Secara sederhana kita bisa menyebut CPU sebagai otak dari perangkat tersebut. Ia merupakan tempat dimana semua data diproses sebelum kemudian dikeluarkan kembali sebagai output melalui hardware lainnya.


Fungsi CPU

Kita tadi sudah sedikit menyinggung apa saja kegunaan dari hardware yang satu ini. Namun perlu kalian ketahui bahwa fungsi CPU bukan hanya itu. Ia punya banyak sekali tugas yang harus dikerjakan karena prosesor merupakan pusat dari segala aktivitas di perangkat. Berikut ini beberapa kegunaan dari CPU :
·         Memproses segala bentuk instruksi yang dimasukkan oleh pengguna.
·         Berfungsi untuk mengontrol dan mengendalikan hardware input maupun output.
·         Mengambil data dari memory kemudian memprosesnya.
·         Memastikan ALU bekerja dengan baik.
·         Setelah memproses data, CPU akan menyimpannya di memory.

Komponen CPU

Karena tugasnya terbilang berat, maka CPU juga terdiri dari beberapa bagian yang masing-masing punya fungsi tersendiri. Untuk menambah pemahaman kita terkait prosesor, berikut ini adalah beberapa komponen yang ada pada CPU dan juga kegunaannya.

Arithmetic Logic Unit (ALU)

Ini merupakan bagian dari CPU yang berfungsi untuk memperoses perhitungan aritmatik dan beberapa perintah logika lainnya. Saat ada perintah yang membutuhkan perhitungan aritmatik masuk dari pengguna, maka prosesor akan memerintahkan ALU untuk memprosesnya.

Control Unit (CU)

Ini merupakan bagian yang kegunaannya untuk mengontrol komponen lain yang ada di komputer. ALU pun kadang bekerja atas perintah dari Control Unit ini, berikut ini tugas lengkap dari Control Unit.
·         Mengontrol alat Input / Outpun
·         Mengambil instruksi dari memori utama.
·         Mengambil data dari main memori atau memori utama jika memang diperlukan untuk diproses.
·         Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika dan logika.
·         Mengawasi Jalanya ALU
·         Menyimpan hasil pemrosesan data ke memori utama.

Register

Register adalah yang memiliki akses ke kecepatan tinggi, bertugas untuk menyimpan data yang sedang diproses, bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data sementara ketika sedang diolah untuk diproses lebih lanjut.
Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya file register. Ini merupakan sebuah file atau tempat dimana segala data aktivitas komputer tersimpan. Jika ada aktivitas yang mempengaruhi pengaturan ataupun data lainnya, maka ia akan langsung tersimpan di sistem register. Mungkin registry bisa dianalogikan sebagai ingatan layaknya pada otak manusia.

PENGERTIAN BUS SYSTEM
Perlu sobat ketahui komputer tersusun ats beberapa komponen penting seperti CPU, memori dan perangkat I/O. Ssytem bus adalah penghubung bagi keseluruhan komponen dalam menjalankan tugasnya.
Bus system menghubungkan CPU dengan RAM mungkin sebuah buffer memory. Memory penyangga (cache L2 ), Bus system merupakan BUS pusat. Bus – bus yang lain merupakan pencabangan dari BUS ini.    
Didalam PC terdapat 2 Bus yaitu :
·        Bus sistem, yang menghubungkan CPU dengan RAM, dan
·        Bus I/O, yang menghubungkan CPU dengan komponen-kompoonen lain.




Memori 
Merupakan istilah generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada komputer. Setiap program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik bersifat sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup). Ketika komputer itu direset atau dimatikan, data yang disimpan dalam memori fisik akan hilang. Oleh karena itulah, sebelum mematikan komputer, semua data yang belum disimpan ke dalam media penyimpanan permanen (umumnya berbasis disk, semacam hard disk atau floppy disk), sehingga data tersebut dapat dibuka kembali di lain kesempatan.
Memori fisik umumnya diimplementasikan dalam bentuk Random Access Memory (RAM), yang bersifat dinamis (DRAM). Mengapa disebut Random Access, adalah karena akses terhadap lokasi-lokasi di dalamnya dapat dilakukan secara acak (random), bukan secara berurutan (sekuensial). Meskipun demikian, kata random access dalam RAM ini sering menjadi salah kaprah. Sebagai contoh, memori yang hanya dapat dibaca (ROM), juga dapat diakses secara random, tetapi ia dibedakan dengan RAM karena ROM dapat menyimpan data tanpa kebutuhan daya dan tidak dapat ditulisi sewaktu-waktu. Selain itu, hard disk yang juga merupakan salah satu media penyimpanan juga dapat diakses secara acak, tapi ia tidak digolongkan ke dalam Random Access Memory.

Cara Kerja CPU

Pertama adalah ketika sebuah perintah dimasukkan oleh pengguna maka data akan diambil dari storage dan simpan sementara dalam RAM. Control unit akan mulai bekerja dan memilah, instruksi akan di masukkan ke program storage dan data akan dimasukkan ke working storage.
Kemudian CU akan mengambil instruksi dan data tersebut lalu dipindahkan ke registry. Jika perintah berupa perhitungan aritmatik maka akan diserahkan kepada ALU dan kemudian disimpan di accumulator. CU akan mengambil hasil tersebut kemudian menyimpannya di RAM dan dikeluarkan melalui hardware output.

 SUMBER :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar