Sabtu, 09 November 2019


Pengertian Set Instruksi Teknik Pengalamatan Dan Desain Set Instruksi
Dalam pengertiannya Set Instruksi (instruction set) adalah sekumpulan instruksi yang lengkap dan berbeda. Set instruksi ini dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga sering disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karena aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, agar dapat dimengerti oleh manusia (programmer).
Pengertian Set Instruksi dalam (bahasa Inggris: Instruction Set, atau Instruction Set Architecture (ISA)) adalah suatu aspek dalam arsitektur komputer yang dapat dilihat oleh para pemrogram. Secara umum, ISA ini mencakup jenis data yang didukung, jenis instruksi yang dipakai, jenis register, mode pengalamatan, arsitektur memori, penanganan interupsi, eksepsi, dan operasi I/O eksternalnya (jika ada).
ISA merupakan sebuah spesifikasi dari kumpulan semua kode-kode biner (opcode) yang diimplementasikan dalam bentuk aslinya (native form) dalam sebuah desain prosesor tertentu. Kumpulan opcode tersebut, umumnya disebut sebagai bahasa mesin (machine language) untuk ISA yang bersangkutan. ISA yang populer digunakan adalah set instruksi untuk chip Intel x86, IA-64, IBM PowerPC, Motorola 68000, Sun SPARC, DEC Alpha, dan lain-lain.
Sebuah instruksi terdiri dari sebuah opcode, biasanya bersama dengan beberapa informasi tambahan seperti dari mana asal operand-operand dan kemana hasil-hasil akan ditempatkan. Subyek umum untuk menspesifikasikan di mana operand-operand berada (yaitu, alamat-alamatnya) disebut pengalamatan.
FORMAT INSTRUKSI
* Suatu instruksi terdiri dari beberapa field yang sesuai dengan elemen dalam instruksi tersebut. Layout dari suatu instruksi sering disebut sebagai Format Instruksi (Instruction Format).OPCODE OPERAND REFERENCE OPERAND REFERENCE JENIS-JENIS OPERAND
* Addresses (akan dibahas pada addressing modes)
* Numbers : – Integer or fixed point – Floating point – Decimal (BCD)
* Characters : – ASCII – EBCDIC
* Logical Data : Bila data berbentuk binary: 0 dan 1JENIS INSTRUKSI
* Data processing: Arithmetic dan Logic Instructions
* Data storage: Memory instructions
* Data Movement: I/O instructions
* Control: Test and branch instructionsTRANSFER DATA
* Menetapkan lokasi operand sumber dan operand tujuan.
* Lokasi-lokasi tersebut dapat berupa memori, register atau bagian paling atas daripada stack.
* Menetapkan panjang data yang dipindahkan.
* Menetapkan mode pengalamatan.
* Tindakan CPU untuk melakukan transfer data adalah :
a. Memindahkan data dari satu lokasi ke lokasi lain.
b. Apabila memori dilibatkan :
1. Menetapkan alamat memori.
2. Menjalankan transformasi alamat memori virtual ke alamat memori aktual.
3. Mengawali pembacaan / penulisan memoriOperasi set instruksi untuk transfer data :
* MOVE : memindahkan word atau blok dari sumber ke tujuan
* STORE : memindahkan word dari prosesor ke memori.
* LOAD : memindahkan word dari memori ke prosesor.
* EXCHANGE : menukar isi sumber ke tujuan.
* CLEAR / RESET : memindahkan word 0 ke tujuan.
* SET : memindahkan word 1 ke tujuan.
* PUSH : memindahkan word dari sumber ke bagian paling atas stack.
* POP : memindahkan word dari bagian paling atas sumberARITHMETIC
Tindakan CPU untuk melakukan operasi arithmetic :
1.      Transfer data sebelum atau sesudah.
2.      Melakukan fungsi dalam ALU.
3.      Menset kode-kode kondisi dan flag.
Operasi set instruksi untuk arithmetic :
1. ADD : penjumlahan 5. ABSOLUTE
2. SUBTRACT : pengurangan 6. NEGATIVE
3. MULTIPLY : perkalian 7. DECREMENT
4. DIVIDE : pembagian 8. INCREMENT
Nomor 5 sampai 8 merupakan instruksi operand tunggal. LOGICAL
* Tindakan CPU sama dengan arithmetic
* Operasi set instruksi untuk operasi logical :
1. AND, OR, NOT, EXOR
2. COMPARE : melakukan perbandingan logika.
3. TEST : menguji kondisi tertentu.
4. SHIFT : operand menggeser ke kiri atau kanan menyebabkan konstanta pada ujung bit.
5. ROTATE : operand menggeser ke kiri atau ke kanan dengan ujung yang terjalin.
CONVERSI
 Tindakan CPU sama dengan arithmetic dan logical.
* Instruksi yang mengubah format instruksi yang beroperasi terhadap format data.
* Misalnya pengubahan bilangan desimal menjadi bilangan biner.
* Operasi set instruksi untuk conversi :
1. TRANSLATE : menterjemahkan nilai-nilai dalam suatu bagian memori berdasrkan tabel korespodensi.
2. CONVERT : mengkonversi isi suatu word dari suatu bentuk ke bentuk lainnya.INPUT / OUPUT

* Tindakan CPU untuk melakukan INPUT /OUTPUT :
1. Apabila memory mapped I/O maka menentukan alamat memory mapped.
2. Mengawali perintah ke modul I/O* Operasi set instruksi Input / Ouput :
1. INPUT : memindahkan data dari pernagkat I/O tertentu ke tujuan
2. OUTPUT : memindahkan data dari sumber tertentu ke perangkat I/O
3. START I/O : memindahkan instruksi ke prosesor I/O untuk mengawali operasi I/O
4. TEST I/O : memindahkan informasi dari sistem I/O ke tujuan TRANSFER CONTROL* Tindakan CPU untuk transfer control : Mengupdate program counter untuk subrutin , call / return.
* Operasi set instruksi untuk transfer control :
1. JUMP (cabang) : pemindahan tidak bersyarat dan memuat PC dengan alamat tertentu.
2. JUMP BERSYARAT : menguji persyaratan tertentu dan memuat PC dengan alamat tertentu atau tidak melakukan apa tergantung dari persyaratan.
3. JUMP SUBRUTIN : melompat ke alamat tertentu.
4. RETURN : mengganti isi PC dan register lainnya yang berasal dari lokasi tertentu.
5. EXECUTE : mengambil operand dari lokasi tertentu dan mengeksekusi sebagai instruksi
6. SKIP : menambah PC sehingga melompati instruksi berikutnya.
7. SKIP BERSYARAT : melompat atau tidak melakukan apa-apa berdasarkan pada persyaratan
8. HALT : menghentikan eksekusi program.
9. WAIT (HOLD) : melanjutkan eksekusi pada saat persyaratan dipenuhi
10. NO OPERATION : tidak ada operasi yang dilakukan.
CONTROL SYSTEM
* Hanya dapat dieksekusi ketika prosesor berada dalam keadaan khusus tertentu atau sedang mengeksekusi suatu program yang berada dalam area khusus, biasanya digunakan dalam sistem operasi. * Contoh : membaca atau mengubah register kontrol.JUMLAH ALAMAT (NUMBER OF ADDRESSES)

* Salah satu cara tradisional untuk menggambarkan arsitektur prosessor adalah dengan melihat jumlah alamat yang terkandung dalam setiap instruksinya.
* Jumlah alamat maksimum yang mungkin diperlukan dalam sebuah instruksi :
1. Empat Alamat ( dua operand, satu hasil, satu untuk alamat instruksi berikutnya)
2. Tiga Alamat (dua operand, satu hasil)
3. Dua Alamat (satu operand merangkap hasil, satunya lagi operand)
4. Satu Alamat (menggunakan accumulator untuk menyimpan operand dan hasilnya)Macam-macam instruksi menurut jumlah operasi yang dispesifikasikan
1. O – Address Instruction
2. 1 – Addreess Instruction.
3. N – Address Instruction
4. M + N – Address InstructionMacam-macam instruksi menurut sifat akses terhadap memori atau register
1. Memori To Register Instruction
2. Memori To Memori Instruction
3. Register To Register Instruction
ADDRESSING MODES
Jenis-jenis addressing modes (Teknik Pengalamatan) yang paling umum:
* Immediate
* Direct
* Indirect
* Register
* Register Indirect
* Displacement
* Stack

 Teknik Pengalamatan
Untuk menyimpan data ke dalam memori komputer, tentu memori tersebut diberi identitas (yang disebut dengan alamat/ address) agar ketika data tersebut diperlukan kembali, komputer bisa mendapatkannya sesuai dengan data yang pernah diletakkan di sana.
Teknik pengalamatan ini hampir sudah tidak diperlukan lagi oleh pemakai komputer saat ini karena hampir seluruh software yang beredar di pasaran tidak mengharuskan si pemakai menentukan di alamat mana datanya akan disimpan (semua sudah otomatis dilakukan oleh si software).
Jadi, yang kita pelajari adalah bagaimana kira-kira si software tersebut melakukan teknik pengalamatannya, sehingga data yang sudah kita berikan dapat disimpan di alamat memori tertentu dan dapat diambil kembali dengan tepat.
Ada tiga teknik dasar untuk pengalamatan, yakni
·    Pemetaan langsung (direct mapping) yang terdiri dari dua cara yakni Pengalamatan Mutlak (absolute addressing) dan Pengalamatan relatif (relative addressing),
·         Pencarian Tabel (directory look-up), dan
·         Kalkulasi (calculating)

Pemetaan Langsung
Teknik ini dapat dijuluki dengan device dependent (tergantung pada peralatan rekamnya), artinya, kita tidak dapat begitu saja meng-copy data berkas ini ke komputer lainnya, karena mungkin saja di komputer lainnya itu menggunakan alat rekam yang berbeda spesifikasinya.
Teknik ini juga dapat dijuluki dengan address space dependent (tergantung pada alamat-alamat yang masih kosong), artinya, kita tidak dapat begitu saja meng-copy data berkas ini ke komputer lainnya, karena mungkin saja di komputer lainnya itu alamat-alamat yang dibutuhkan sudah tidak tersedia lagi.

     Teknik Pencarian Tabel
Teknik ini dilakukan dengan cara, mengambil seluruh kunci atribut dan alamat memori yang ada dan dimasukkan ke dalam tabel tersendiri. Jadi tabel itu (misal disebut dengan tabel INDEX) hanya berisi kunci atribut (misalkan NIM) yang telah disorting (diurut) dan alamat memorinya.
Pencarian yang dilakukan di tabel INDEX akan lebih cepat dilakukan dengan teknik pencarian melalui binary search (dibagi dua-dua, ada di mata kuliah Struktur dan Organisasi Data 2 kelak) ketimbang dilakukan secara sequential.
Nilai key field (kunci atribut) bersifat address space independent (tidak terpengaruh terhadap perubahan organisasi file-nya), yang berubah hanyalah alamat yang ada di INDEX-nya.
      Teknik Kalkulasi Alamat
Perhitungan (kalkulasi) terhadap nilai kunci atribut untuk mendapatkan nilai suatu alamat disebut dengan fungsi hash.
Bisa juga fungsi hash digabungkan dengan teknik pencarian seperti tabel di atas, tetapi akan menjadi lebih lama pengerjaannya dibanding hanya dengan satu jenis saja (fungsi hash saja atau pencarian tabel saja).
Tipe operand adalah sebuah objek yang ada pada operasi matematika yang dapat digunakan untuk melakukan operasi. Pengertian tipe operand merupakan suatu variabel (karakter atau angka) yang akan di proses oleh operator untuk mengetahui hasil. Sedangkan Pengertian tipe operator adalah intruksi yang diberikan untuk mendapatkan hasil dari proses tersebut. Tipe-tipe operand terdiri dari addresses, numbers,characters, dan logical data. Tipe-tipe operator sendiri terdiri dari tiga tipe yaitu operator aritmatika, operaor relasi, dan operator logika.
Contohnya, operasi: 7+3. Angka 7 dan 3 adalah operand, sedangkan tanda tambah (+) adalah operator. Beberapa operator bisa mengubah nilai dari operandnya sendiri, meskipun kebanyakan hanya sebagai penghubung antar operand. Berikut ini tipe-tipe operand yang perlu kita ketahui dan kita pahami:
Tipe – tipe Operand.
    Addresses.
Addresses merupakan teknik pengelamatan pada komputer. Jenis-jenis addressing modes (teknik pengalamatan) yang paling umum yang sering digunakan ada 7 diantaranya :
        Immediate
        Direct
        Indirect
        Register
        Register Indirect
        Displacement
        Stack
    Numbers :
Numbers terdiri dari 3, diantaranya ada integer or fixed point, floating point, dan desimal.
    Integer or fixed point
    Integer or fixed point adalah sebuah integer yang skala dengan faktor tertentu. Penting untuk dicatat bahwa faktor skala ditentukan oleh jenis, itu adalah sama untuk semua nilai dari jenis fixed-titik tertentu.
    Floating point
    Floating point adalah sebuah bilangan yang digunakan untuk menggambarkan sebuah nilai yang sangat besar atau sangat kecil.
    Decimal (BCD)
    Binary code decimal (BCD)adalah sebuah sistem sandi yang umum digunakn untuk menyatakan angka desimal secara digital. BCD merupakan sistem pengkodean bilangan desimal yang metodenya mirip dengan bilangan biner biasa; hanya saja dalam proses konversi, setiap simbol dari bilangan decimal dikonversi satu persatu, bukan secara keseluruhan seperti konversi bilangan desimal ke biner biasa. Sedangkan decimal adalah sistem bilangan yan paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sistem bilangan decimal dapat berupa integer desimal (decimal integer) dan berupa pecahan desimal (decimal fraction). Decimal ini menggunakan 10 macam simbol yang terdiri dari 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9.
    Characters :
    ASCII
ASCII (American Standard Code for Information Interchange) adalah suatu standar internasional dalam kode huruf dan simbol seperti Hex dan Unicode tetapi ASCII lebih bersifat universal, contohnya 124 adalah untuk karakter “|”. ASCII sering digunakan untuk memproses sistem informasi, komunikasi, dan peralatan yan saling berhubungan biasanya berupa keypad atau lebih lengkap disebut keyboard. ASCII menyajikan sebuah karakter dengan 7 bit bilangan biner yang memungkinkan kombinasi 128 karakter yang berbeda.
    EBCDIC
EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code) merupakankode 8 bit untuk huruf yang dipakai pada sistem operasi komputer merk IBM, seperti z/OS, OS/390, VM, VSE, OS/400, serta i5/OS.
    Logical Data : Bila data berbentuk binary: 0 dan 1.
Jenis-jenis operator adalah sebagai berikut :
    Operator Aritmetika
Operator untuk melakukan fungsi aritmetika seperti : +(penjumlahan), – (mengurangkan), * (mengalikan), / (membagi).

    Operator relational
Operator untuk menyatakan relasi atau perbandingan antara dua operand, seperti > (lebih besr), =(lebih besar atau sama), <= (lebih kecil atau sama), == (sama), != (tidak sama).

    Operator Logik
Operator untuk merelasikan operand secara logis seperti && (and), || (or), !(not)

Tipe-tipe Operasi
Dalam perancangan arsitektur komputer, jumlah kode operasi akan sangat berbeda untuk masing-masing komputer, tetapi terdapat kemiripan dalam jenis operasinya.
Jenis operasi komputer :
-
Transfer data – konversi

1. Menetapkan lokasi operand sumber dan operand tujuan.
2. Lokasi-lokasi tersebut dapat berupa memori, register atau bagian paling atas daripada stack.
3. Menetapkan panjang data yang dipindahkan.
4. Menetapkan mode pengalamatan.

-Aritmatika – input/output

Tindakan CPU untuk melakukan operasi arithmetic :
1. Transfer data sebelum atau sesudah.
2. Melakukan fungsi dalam ALU.
3. Menset kode-kode kondisi dan flag.

-Logika – kontrol sistem dan transfer control

Tindakan CPU sama dengan arithmetic
Operasi set instruksi untuk operasi logical :
1. AND, OR, NOT, EXOR
2. COMPARE : melakukan perbandingan logika.
3. TEST : menguji kondisi tertentu.
4. SHIFT : operand menggeser ke kiri atau kanan menyebabkan
konstanta pada ujung bit.
5. ROTATE : operand menggeser ke kiri atau ke kanan dengan ujung yang terjalin

Sumber :


Organisasi Komputer Dasar

Struktur Dasar Komputer

Fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut:

·         Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Contoh : keyboard
·         Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini
·         CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
·         Memori
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
·         Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran
menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
·         Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.
·         Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.


Fungsi komputer adalah operasi masing masing komponen sebagai bagian dari struktur.

Struktur Utama Komputer
Struktur CPU



Fungsi Komputer
·         Pemindahan Data
·         Penyimpanan Data
·         Pengolahan Data
·         Kontrol
·         Pemrosesan data dari penyimpan data ke I/O
Contoh: printing a bank statement

Fungsi Operasi Pemindahan Data
Contoh : Keyboard ke Screen



Fungsi Operasi Penyimpanan Data
Contoh : Download File dari Internet ke Media Penyimpanan




Fungsi Proses dari/ ke Unit Penyimpanan
Contoh : Updating bank statement




Fungsi Proses dari Unit Penyimpanan ke I /O
Contoh : Printing a bank ke statement






Organisasi Komputer

      Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
      Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
      Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.

Perbedaaan Utama Organisasi Komputer:

Bagian yang terkait dengan erat dengan unit – unit operasional.
Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal kontrol
Arsitektur Komputer

Atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer.
Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O



sumber:

Kamis, 10 Oktober 2019


EVOLUSI ARSITEKTUR KOMPUTER

1. Pengertian Komputer

          Komputer adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam komputer tersebut dan menghasilkan keluaran informasi yang dihasilkan setelah diolah. Daftar perintah tersebut dinamakan program komputer dan unit penyimpanannya adalah memori komputer.
          Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefinisikan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin bantuan. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung", kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

2. Struktur Komputer
          Komputer adalah sebuah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu dengan dunia luar. Interaksi dengan dunia luar dilakukan melalui perangkat peripheral dan saluran komunikasi. Terdapat empat struktur utama komputer, yaitu :
   a. Central Processing Unit ( CPU ), berfungsi sebagai pengontrol operasi komputer dan pusat
       pengolahan fungsi - fungsi komputer
   b. Memori utama, berfungsi sebagai tempat penyimpanan data
   c. I/O, berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya
   d.System Interconnection, sistem yang menghubungkan CPU, memori utama, dan I/O

3. Fungsi Komputer
          Fungsi dasar sistem komputer adalah sederhana, pada prinsipnya terdapat empat fungsi operasi,
yaitu :
   a. Fungsi Operasi Pengolahan Data
   b. Fungsi Operasi Penyimpanan Data
   c. Fungsi Operasi Pemindahan Data
   d. Fungsi Operasi Kontrol

4. Sejarah Singkat Komputer

A. Generasi Pertama : Tabung Vakum ( 1945 - 1955 )


          ENIAC ( Electronic Numerical Integrator And Computer ), pada tahun 1946 dirancang dan dibuat oleh John Mauchly dan John Presper Eckert di Universitas Pennsylvania merupakan komputer digital elektronik untuk kebutuhan umum pertama di dunia. ENIAC dibuat di bawah lembaga Army's Ballistics Research Laboratory ( BRL ).

          ENIAC mempunyai berat 30 ton, bervolume 15.000 kaki persegi, dan berisi lebih dari 18.000 tabung vakum. Daya listrik yang dibutuhkan sebesar 140 KW. Kecepatan operasi mencapai 5.000 operasi penambahan per detik. ENIAC masih merupakan mesin desimal, representasi data bilangan dalam bentuk desimal dan aritmatiknya dibuat dalam bentuk desimal. Memorinya terdiri atas 20 akumulator, yang masing - masing akumulatornya mampu menampung 10 digit desimal. Setiap digit di presentasikan oleh cincin yang terdiri atas 10 buah tabung vakum. Kekurangan utama mesin ini adalah masil manual dalam pemrogramannya, yaitu dengan menyetel switch - switch, memasang dan menanggalkan kabel - kabelnya.

          John Van Neumann seorang ahli matematika yang merupakan konsultan pembuatan ENIAC pada tahun 1945, mencoba memperbaiki kelemahan ENIAC dengan rancangan komputer barunya, bernama EDVAC ( Electronic Discrete Variable Computer ) dengan konsep program tersimpan ( stored-program concept ). Tahun 1946 komputer dengan stored-program concept dipublikasikan, yang kemudian di kenal dengan komputer IAS ( Computer of Institute for Advanced Studies ). Struktur komputer IAS terdiri dari :
   a. Memori utama, untuk menyimpan data maupun instruksi
   b. Arithmatic Logic Unit ( ALU ), untuk mengolah data biner
   c. Control Unit, untuk melakukan interpretasi instruksi - instruksi di dalam memori sehingga adanya
      eksekusi instruksi tersebut.
   d. I/O, untuk berinteraksi dengan lingkungan luar

Komputer Komersial
          Tahun 1950 dianggap sebagai tahun kelahiran industri komputer dengan munculnya 2 buah perusahaan yang saat itu mendominasi pasar, yaitu Sperry dan IBM. Tahun 1947, Eckert dan Mauchly mendirikan Eckert-Mauchly Computer Corporation untuk memproduksi komputer secara komersial. Komputer pertama yang mereka hasilkan adalah UNIVAC I ( Universal Automatic Computer ). UNIVAC I menjadi tulang punggung perhitungan sensus tahun 1950 di USA.
          UNIVAC II yang memiliki kapasitas memori lebih besar dan kinerja yang lebih baik diluncurkan tahun 1950. Mulai saat itu perusahaan telah mengembangkan produk - produk baru yang kompatibel dengan produk sebelumnya sehingga pangsa pasar konsumen mereka tetap terjaga menggunakan produknya. IBM pun tidak mau kalah dengan mengeluarkan produk mereka yang akhirnya mendominasi pangsa pasar bisnis saat ini. Seri IBM pertama adalah seri 701 tahun 1953 dan terus berkembang menjadi lebih baik hingga sekarang.

B. Generasi Kedua : Transistor ( 1955 - 1965 )


          Sejak pesatnya teknologi semikonduktor hingga menghasilkan komponen transistor membawa perubahan besar pada dunia komputer. Komputer pada era ini tidak lagi menggunakan tabung vakum yang memerlukan daya operasional besar, tabung - tabung itu digantikan dengan komponen kecil bernama transistro. Konsumsi daya listrik amat kecil dan bentuknya pun relatif kecil.
          Transistor ditemukan di Bell Labs pada tahun 1947 dan tahun 1950 telah meluncurkan revolusi elektronika modern. IBM sebagai perusahaan pertama yang meluncurkan produk komputer dengan transistor sehingga tetap mendominasi pangsa pasar komputer. NCR dan RCA adalah perusahaan yang mengembangkan komputer berukuran kecil saat itu, kemudian diikuti IBM dengan mengeluarkan seri 7000-nya.
          Dengan adanya transistor membuat hardware komputer saat itu makin cepat prosesnya, memori semakin besar kapasitasnya, dan semakin kecil bentuknya. Generasi dua ini juga terdapat perubahan perkembangan pada ALU yang semakin kompleks, lahirnya bahasa pemrograman tingkat tinggi maupun tersedianya software sistem operasi.
          Generasi kedua juga ditandai dengan munculnya DEC ( Digital Equipment Corporation ) tahun 1957 dan meluncurkan komputer pertamanya, yaitu PDP 1. Komputer ini sangat penting bagi perkembangan komputer generasi ketiga.

IBM 7094
          Komputer ini diluncurkan tahun 1962. Kemajuan IBM 7094 adalah adanya IBR ( Instruction Backup Register ) yang berfungsi membeffer instruksi berikutnya, efeknya komputer akan lebih cepat prosesnya. Unit kontrol mengambil dua word yang berdampingan dari memori untuk sebuah pengambilan instruksi, kecuali bila terjadi percabangan. Kemajuan IBM 7094 lainnya adalah multiplexor untuk memultiplex data channel ( saluran data ). Multiplexor berfungsi sebagai sentral switch data yang akan diproses dalam CPU.

C. Generasi Ketiga : Integrated Circuit ( 1965 - 1980 )


          Pada tahun 1958 terjadi revolusi elektronika kembali, yaitu ditemukannya IC ( Integrated Circuit ) yang merupakan penggabungan komponen - komponen elektronika dalam suatu paket. Dengan ditemukannya IC ini semakin mempercepat proses komputer, kapasitas memori semakin besar, dan bentuknya semakin kecil.

IBM System/360
          Tahun 1964 dikeluarkan IBM System/360 yang telah menggunakan teknologi IC. Dalam satu dekade IBM menguasai 70% pasaran komputer. Sistem 360 merupakan kelompok komputer pertama yang terencana. Banyak model dalam arsitektur 360 ini dan saling kompatibel. Hal ini sangat menguntungkan konsumen, karena konsumen dapat menyesuaikan dengan kebutuhan maupun harganya.

DEC PDP-8
          Pada tahun yang sama saat IBM mengeluarkan System/360, DEC meluncurkan DEC PDP-8. Komputer ini memiliki keunggulan bentuknya yang kecil sehingga sangat fleksibel digunakan. PDP-8 juga memiliki varian - varian yang modelnya sama dengan IBM System/360untuk menyesuaikan kebutuhan pelanggannya. Dengan hadirnya PDP-8 ini membawa DEC sebagai perusahaan yang menyuplai komputer mini terbesar, dan membawa DEC sebagai pabrik komputer terbesar kedua setelah IBM.
          Arsitektur PDP-8 sangat berbeda dengan IBM terutama pada bagian sistem bus. Pada komputer ini menggunakan omnibus system. Sistem ini terdiri atas 96 buah lintasan sinyal yang terpisah, dan digunakan untuk membawa sinyal - sinyal kontrol, alamat, maupun data. Karena semua komponen menggunakan jalur bus ini maka penggunaannya dikontrol oleh CPU. Arsitektur bus seperti PDP-8 ini nantinya digunakan oleh komputer - komputer modern selanjutnya.

D. Generasi Keempat : Very Large Scale Integration ( 1980 - Sekarang )


          Era keempat perkembangan generasi komputer ditandai adanya VLSI. Paket VLSI dapat menampung 10.000 komponen lebih per kepingnya dengan kecepatan operasi mencapai 100 juta operasi per detiknya.
          Masa - masa ini diawali peluncuran mikroprosesor Intel seri 4004. Mikroprosesor 4004 dapat menambahkan dua bilangan 4 bit dan hanya dapat mengalikan dengan cara pengulangan penambahan. Memang masih primitif, namun mikroprosesor ini tonggak perkembangan mikroprosesor canggih saat ini. Tidak ada ukuran pasti dalam melihat mikroprosesor, namun ukuran terbaik adalah lebar bus data : jumlah bit data yang dapat dikirim dan diterima mikroprosesor.
          Tahun 1972 diperkenalkan dengan mikroprosesor 8008 yang merupakan mikroprosesor 8 bit. Mikroprosesor ini lebih kompleks instruksinya tetapi lebih cepat prosesnya dari pendahulunya. Kemudian Bells dan HP menciptakan mikroprosesor 32 bit pada 1981, sedangkan Intel baru mengeluarkan tahun 1985 dengan mikroprosesor 80386.

E. Generasi Kelima : Ultra Large Scale Integration ( Sekarang - Masa Depan )


          Komputer generasi kelima merupakan komputer yang mulai menggunakan mikroprosesor dengan teknologi ULSI. Teknologi yang memungkinkan pemadatan 10 juta komponen didalam sebuah mikroprosesor. Komputer ini mulai berkembang sejak tahun 1980 hingga saat ini. Ciri lain komputer generasi kelima adalah penggunaan Paralel Processing ( pemrosessan secara paralel ) dan Artificial Intelegence ( Kecerdasan Buatan ).
          Dengan pemrosesan secara paralel komputer akan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan pemrosesan yang sangat banyak dengan lebih cepat. Sebab menggunakan beberapa buah prosesor yang dapat bekerja bersamaan secara paralel. Untuk kecerdasan buatan pada generasi kelima ini masih dalam tahap permulaan, belum digunakan secara maksimal karna masih dalam tahap pengembangan. Contoh kecerdasan buatan yang ada saat ini misalnya face recognition yang digunakan pada kamera atau program editing foto.

IBM PC 5150
          IBM PC adalah sebutan untuk komputer buatan IBM. IBM PC 5150 merupakan komputer pribadi pertama yang dibuat secara masal oleh IBM. Diluncurkan pada 12 Agustus 1981, IBM PC 5150 dibekali prosesor 16-bit Intel 8088, power supply 63.5 W serta memori berukuran 64 KB. Media penyimpanan berupa floppy disk drive 5.25 inci dengan kapasitas 320 KB atau 360 KB. IBM PC memiliki ROM yang dilengkapi dengan interpreter bahasa Microsoft Cassete Basic. Sehingga jika tidak ada sistem operasi yang dimuat, pengguna dapat melakukan pemrograman sendiri, ROM pada IBM PC 5150 juga dilengkapi dengan fungsi POST ( Power-On Self Test ), sehingga sistem akan melakukan pengecekan terlebih dahulu pada saat booting.

5. Klasifikasi Arsitektur Komputer

A. Arsitektur Von Neumann
          Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur yang diciptakan oleh John Von Neumann ( 1903 - 1957 ). Arsitektur ini digunakan oleh hampir semua komputer saat ini. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama, yaitu : ALU ( Arithmatic Logic Unit ), CU ( Control Unit ), I/O ( Input/Output ). Bagian ini dihubungkan olehberkas kawat, "bus".



B. Arsitektur RISC
          RISC ( Reduced Instruction Set Computer ) merupakan bagian dari arsitektur mikroprosesor, berbentuk kecil dan berfungsi untuk ngeset instruksi dalam komunikasi diantara arsitektur yang lainnya. RISC atau "komputasi set instruksi yang disederhanakan" pertama kali digagas oleh John Cocke, peneliti dari IBM di Yorktown, New York pada tahun 1974 saat ia membuktikan bahwa sekitar 20% instruksi pada sebuah prosesor ternyata menangani sekitar 80% dari keseluruhan kerjanya. Komputer pertama yang menggunakan konsep RISC ini adalah IBM PC/XT pada era 1980-an. Istilah RISC sendiri pertama kali dipopulerkan oleh David Patterson, pengajar di University of California di Berkely.



C. Arsitektur CISC
          CISC ( Complex Instruction Set Computer ) adalah sebuah arsitektur dari set instruksi dimana setiap instruksi akan menjalankan beberapa operasi tingkat rendah, seperti pengambilam dari memori, operasi arimatika, dan penyimpanan ke dalam memori, semua nya sekaligus hanya di dalam sebuah instruksi. Karakteristik CISC dapat dikatakan sangat bertolak-belakang dengan RISC
          Sebelum proses RISC di desain untuk pertama kalinya, banyak arsitek komputer mencoba menjembatani celah "semantik", yaitu bagaimana cara untuk membuat set - set instruksi untuk mempermudah pemrograman level tinggi dengan menyediakan instruksi "level tinggi" seperti pemanggilan procedure, proses pengulangan, dan mode - mode pengalamatan kompleks sehingga struktur data dan akses array dapat dikombinasikan dengan sebuah instruksi.
          Karakteristik CISC yang sarat informasi ini memberikan keuntungan dimana ukuran program - program yang dihasilkan akan menjadi relatif lebih kecil, dan penggunaan memori akan semakin berkurang.
          Istilah RISC dan CISC saat ini kurang dikenal, setelah melihat perkembangan lebih lanjut dari desain dan implementasi baik CISC dan RISC. Implemetasi CISC paralel untuk pertama kalinya, seperti 486 dari Intel, AMD, Cyrix, dan IBM telah mendukung setiap instruksi yang digunakan oleh prosesor - prosesor sebelumnya, meskipun efisiensi tertingginya hanya saat digunakan pada subset X86 yang sederhana.
          Prosesor - prosesor modern X86 telah menyandikan dan membagi lebih banyak lagi instruksi - instruksi kompleks menjadi beberapa "Operasi-Mikro" internal yang lebih kecil, sehingga instruksi - instruksi tersebut dapat dilakukan secara paralel, dan tercapainya performa tinggi pada subset instruksi yang lebih besar.



D. Arsitektur Harvard
          Arsitektur harvard menggunakan memori terpisah untuk program dan data dengan alamat dan bus data yang berdiri sendiri. Karena dua perbedaan aliran data dan alamat, maka tidak diperlukan multiplexing alamat dan bus data. Arsitektur ini tidak hanya didukung dengan bus paralel untuk alamat dan data, tetapi juga menyediakan organisasi internal yang berbeda sedemikian rupa instruksi dapat diambil dan dikodekan.
          Hal ini memungkinkan pengoptimalan bus data dan bus alamat dalam pengeksekusian instruksi yang cepat diambil dan dikodekan ketika berbagai data sedang diambil dan dioperasikan. Sebagai contoh, mikrokontroler Intel keluarga MCS-51 menggunakan arsitektur Harvard karena ada perbedaan kapasitas memori untuk program dan data, dan bus terpisah ( internal ) untuk alamat dan data. Begitu juga dengan keluarga PIC dari Microchip yang menggunakan arsitektur harvard.



E. Arsitektur Blue Gene
          Blue Gene adalah sebuah arsitektur komputer yang dirancang untuk menciptakan beberapa superkomputer generasi berikut, yang dirancang untuk mencapai kecepatan operasi petaflop ( 1 peta = 10 pangkat 15 ), dan pada 2005 telah mencapai kecepatan lebih dari 100 teraflop ( 1 tera = 10 pangkat 12 ). Blue gene merupakan proyek antara Departemen Energi Amerika Serikat, industri, dan kalangan akademi. Ada lima projek Blue Gene dalam pengembangan saat ini, di antaranya adalah Blue Gene/L, Blue Gene/C, dan Blue Gene/P
          Komputer pertama dalam seri Blue Gene. Blue Gene/L dikembangkan melalui sebuah "partnership" dengan Lawrence Livermore National Laboratory menghabiskan biaya AS $100juta dan direncanakan dapat mencapai kecepatan ratusan TFLOPS, dengan kecepatan puncak teoritis 360 TFLOPS. Ini hampir sepuluh kali lebih cepat dari Earth Simulator, superkomputer tercepat di dunia sebelum Blue Gene.





ETIKA MENULIS DI INTERNET

Dalam bahasa Yunani Kuno adalah “ethikos“, yang berarti “timbul dari kebiasaan” adalah sebuah sesuatu dimana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar,salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.

Etika dimulai bila manusia merefleksikan unsur-unsur etis dalam pendapat-pendapat spontan kita. Kebutuhan akan refleksi itu akan kita rasakan, antara lain karena pendapat etis kita tidak jarang berbeda dengan pendapat orang lain. Untuk itulah diperlukan etika, yaitu untuk mencari tahu apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia.

Secara metodologis, tidak setiap hal menilai perbuatan dapat dikatakan sebagai etika. Etika memerlukan sikap kritis, metodis, dan sistematis dalam melakukan refleksi. Karena itulah etika merupakan suatu ilmu. Sebagai suatu ilmu, objek dari etika adalah tingkah laku manusia. Akan tetapi berbeda dengan ilmu-ilmu lain yang meneliti juga tingkah laku manusia, etika memiliki sudut pandang normatif. Maksudnya etika melihat dari sudut baik dan buruk terhadap perbuatan manusia.

Etika terbagi menjadi tiga bagian utama: meta-etika (studi konsep etika), etika normatif (studi penentuan nilai etika), dan etika terapan (studi penggunaan nilai-nilai etika). Etika didalam penulisan lebih terarah kepada etika yang bersifat filosofis, berikut ini definisi mengenai etika Filosofis.

Dalam menulis di internet ada beberapa hal yang penting dalam penulisan, selain tujuan dari penulisan ada aspek lain yang perlu diperhatikan karena jika kita salah menulis kita dapat dijerat hukum. Undang undang yang mengatur tentang penulisan di internet diatur dalam UU ITE, UU Pers dan KUHP yang apabila terbukti melanggar hukum kita dapat dijerat.

Pada penulisan ini penulis akan meberikan penjelasan mengenai etika menulis di internet agar kita terhindar dari Undang – undang yang menjerat. Berikut adalah penjelasannya :

1. Tidak ada Unsur Sara.
Dalam melakukan penulisan di internet /posting sebaiknya tidak mengandung unsur SARA yang dapat mengakibatkan suatu suku, golongan, ras, agama ataupun bangsa lain tersinggung. Selain itu kita juga dapat dijerat dengan hukum cyber yang berlaku.

2. Menggunakan kata – kata bijak.
Pergunakanlah kata – kata bijak dalam memposting suatu tulisan di internet, karena bisa membuat seseorang tersinggung dan mengakibatkan kita terjerat dalam hukum.

3. Bukan hasil dari Plagiat.
Sebaiknya jika kita hendak membuat tulisan / posting usahakan jangan menjiplak karya seseorang 100%, karena kita bisa disebut Plagiat sehingga dapat mengakibatkan kita terjerat dalam masalah hukum.

4. Menggunakan kalimat yang mudah di pahami.
Kalimat yang baik mempengaruhi kualitas dari sebuah tulisan (postingan), semakin baik kalimat yang kita gunakan semakin baik pula sebuah tulisan karena mudah dapat dipahami. Karena dalam kita menulis kita membuat tulisan bukan hanya untuk kita sendiri tapi untuk orang banyak.

5. Tulisan tersebut dapat dibuktikan keasliannya / kejujurannya (berupa fakta )
Keaslian / kejujuran dalam suatu tulisan haruslah terbukti kebenarannya, jika tidak kita dapat membuat tulisan palsu atau hanya mengada – ada.

6. Bermanfaat bagi yang membaca
Tulisan yang kita muat di internet sebaiknya bermanfaat bagi yang membaca, dengan begitu setiap tulisan yang kita tulis akan memberikan wawasan serta edukasi tambahan bagi pembaca.
Bagaimana caranya agar tidak terjadi hal-hal tersebut, yaitu:
  • Sebelum menulis alngkah baiknya jika kita memikirkan hal-hal positif terhadap apa yang akan kita tuliskan.
  • Hindari sejauh mungkin tulisan yang menyinggung  dan merugikan orang lain dan pihak-pihak ataupun organisasi lain.
  • Sebagai masyarakat yang baik gunakanlah kata-kata yang baik, sopan, dan mudah di mengerti oleh para pembaca.
  • Sebagai bangsa yang cinta damai dan memiliki berbagai macam perbedaan. Kita harus menghindari tulisan yang mengandung unsur-unsur SARA dan  mengadu domba.
  • Kita juga harus menghindari pikiran-pikiran meniru tulisan-tulisan milik orang lain dalam dunia maya.
  • Dan yang paling terpenting hargailah karya orang lain.
Karena itulah, etika sangat di perlukan jika kita ingin menulis yang baik dan bermanfaat bagi kita dan orang lain. Gunakanlah bahasa yang baik dan sopan serta gunakanlah etika jika kita ingin menulis di internet dan hargailah karya orang lain.